Senin, 09 Juni 2008

Calon PPP dan PDIP Ungul di Pilkada Palembang

Rekap PPK, HERO Unggul 51,05%
Selasa, 10 Juni 2008
PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Palembang, hingga kemarin (9/6) belum menggelar rapat pleno untuk merekap perolehan suara dari PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Namun, 16 kecamatan yang ada di kota pempek ini sudah merampungkan perhitungan suara. Bagaimana gambarannya?
Ternyata, perolehan suara empat pasangan calon tidak jauh berbeda dengan hasil perhitungan cepat (quick count) Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Jaringan Isu Publik (JIP). Dari laporan 16 PPK yang dihimpun koran ini, pasangan nomor urut 3, Ir H Eddy Santana Putra MT-H Romi Herton (HERO) meraih 51,05% (351.740 suara).
Sedangkan, posisi kedua untuk pasangan nomor urut 2, Ir H Sarimuda MT-H Mohd Iqbal Romzi (MANTAP) mendapatkan 35,60% (245.346 suara). Sedangkan, posisi ketiga diraih pasangan nomor urut 4, Hj Asmawati-Ahmad Rizal (ASRI) dengan 9,62% (66.269 suara). Terakhir, pasangan nomor urut 1, Yansuri-Sunnah NBU (PAS) dengan raihan 3,73% (25.723 suara).
Sekadar diketahui, jumlah mata pilih yang ditetapkan KPUD Kota Palembang sebanyak 1.012.097. Bila dilihat dari suara sah (rekap PPK) empat pasangan yang maju pada Pemilukada Kota, 7 Juni lalu jumlahnya hanya 689.078 (68,08%). Ini berarti angka golput (tidak mencoblos, suara tidak sah) sebanyak 31,92% (323.019 suara).
Nah, bila dibandingkan dengan quick count LSI dan JIP, pasangan HERO yang diusung PDI Perjuangan, PPP, dan partai kecil lainnya, itu meraih 51,58% suara (327.110). Menyusul pasangan MANTAP dari PKS, PBR, Partai Patriot Pancasila, dan PKPI dengan 34,83% atau 220.885 total suara. Posisi ketiga, ASRI dari Partai Demokrat mengumpulkan 9,91% (62.847 suara). Terakhir, pasangan PAS (koalisi Partai Golkar-PAN) mendapatkan 3,67% suara (23.274).
Mencermati rekap suara dari PPK, pasangan HERO unggul di semua kecamatan. Bersaing ketat dengan pasangan MANTAP di Kecamatan Kertapati dan Seberang Ulu (SU) I (lihat grafis). “Hingga sekarang kita belum merekap suara yang masuk dari PPK. Rekapnya menunggu saksi pasangan calon dan dari Panwaslu,” ungkap Ketua KPUD Kota Palembang, Kemas Khoirul Muklis kepada Sumatera Ekspres, kemarin.

KILASAN KAMPANYE HERO

Naff Bius Massa HERO
Rabu, 04 Juni 2008
PALEMBANG - Puluhan ribu orang memadati lapangan parkir Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, sejak pukul 14.00 WIB, kemarin (3/5). Guyuran hujan deras, tak membuat mereka beranjak meninggalkan arena kampanye pasangan ”HERO”, Ir H Eddy Santana Putra MT-Romi Herton.
Apalagi, pasangan nomor urut 3 yang diusung PDI Perjuangan, PPP, dan partai kecil lainnya ini, mendatangkan artis kenamaan Ibu Kota. Sebut saja, band yang kini digandrungi kawula muda, Naff.
Band dengan personel Ady sang vokalis, Dedi (gitar/keyboard), Ade (gitar), Hilal (drumer) dan Odeu (basis) itu, mampu membius penonton melalui lagu-lagu andalannya.
Tembang pembuka berjudul ”Maafkan Aku” mampu membuat penonton hanyut. Menyusul lagu Jangan Letih Mencintaiku, Satu Bintang, Akhirnya Aku Menemukanmu, dan lagu teranyar “Kau Masih Kekasihku”.
"Jauh di lubuk hatiku.…,” penggalan lirik lagu ”Kau Masih Kekasihku” itu mendapat sambutan luar biasa dari peserta kampanye. Mereka nyanyi bersama sembari mengabadikan personel Naff melalui kamera ponselnya.
Kehadiran Naff yang menjadi band pamungkas, benar-benar mampu memukau anak muda metropolis yang hari itu seragam mengenakan kaos putih ada gambar Eddy-Romi dan nomor 3-nya. Di akhir penampilannya band asal Bandung itu membawakan lagu berjudul ”Tanah Airku” Karya Ibu Sud versi Naff yang dinyanyikan secara bersama.

Tidak ada komentar: