Selasa, 13 Januari 2009

Muhammad Arwani Thomafi : Andalkan Jaringan Pondok Pesantren

PERJUANGAN Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Arwani Thomafi sebagai calon legislator (caleg) di daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah III (Kabupaten Grobogan, Blora, Rembang,dan Pati) tidaklah mudah.
Selain dapil itu dikenal sebagai basis nasionalis,politikus muda ini pun harus menghadapi lawan-lawan berat. Dari Partai Golkar ada Firman Subagyo, sedangkan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ada Marwan Ja’far.Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga mengajukan calon berat Sonny Keraf, begitu pula Partai Demokrat kembali mencalonkan Ignatius Mulyono. Meski menempati nomor urut satu, Arwani tak mau lengah. Sebab, dengan sistem suara terbanyak, peluangnya sama dengan calegcaleg di bawahnya.Putra tokoh PPP almarhum KH Thoyfur ini akan menggunakan jaringan pesantren untuk mendapatkan simpati pemilih. ”Kalau mengandalkan dana, saya bisa kewalahan. Karena itu, jaringan pesantren saya manfaatkan untuk sosialisasi,” kata kader muda NU ini.Melalui strategi tersebut, Arwani banyak terbantu. Sebab, para kerabat maupun kolega menyambut baik pencalonannya. Konflik internal PKB diakuinya banyak membantu dalam menuai dukungan, khususnya di Pati. Bahkan, kata dia, banyak kader PKB pro-Gus Dur berkomitmen mendukung pencalonannya. ”Banyak alat peraga kampanye yang dibantu mereka (kader PKB pro- Gus Dur). Selain itu, kader-kader PPP telah bekerja keras mendukung saya,”terang alumnus UIN Sunan Kalijaga ini. Mantan aktivis HMI ini mengaku, penerapan sistem terbanyak mengharuskan dirinya all out di dapil. Bahkan, dirinya harus rela bolak-balik Jakarta–Rembang. ”Mau bagaimana lagi? Di Jakarta saya punya tugas, tapi di dapil jangan sampai lengah. Mungkin lain ceritanya kalau menggunakan nomor urut, bisa agak ringan. Sekarang ini tidak bisa lagi bersantai-ria,”ucapnya.

4 komentar:

BERSEMI mengatakan...

PAK ARWANI YANG TERHORMAT, LANJUTKAN TERUS PERJUANGANMU, AKU/ KAMI MENDUKUNG PERJUANGANMU MELALUI POLITIK ANDA....HIDUP PPP MAJU TERUS

ricky candra mengatakan...

selamat..... semoga sukses........
maju terus PPP

ricky candra mengatakan...

pak,saya Ficky raditya permana.anak Alm Bp.Aslam ashari.
saya selalu mendukung Visi & Misi pak Arwani untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik untuk ke Depan.
jadikanlah Partai PPP,menjadi Partai yang No.1 & Terbesar di Indonesia.
Saya,saudara2 saya,teman2 saya akan selalu Mendukung pak Arwani.
HIDUP PPP.

Unknown mengatakan...

Saya sbgai santri jnengan mndukung perjuangan jnengan, sosok abah thoifur ada pda jnengan ,sya yakin jnengan psti mmpu mlnjutkn dn mmbrikan yg lbih lg dri perjuangan abah thoifur.