Kamis, 16 April 2009

PPP Borong Tiga Kursi di Dapil III Asembagus Situbondo

SITUBONDO - Sepekan pasca pencontrengan, peta perolehan kursi di DPRD Situbondo mulai bisa diprediksikan. Ada dua partai politik (parpol) yang mendominasi perolehan kursi. Dua parpol itu adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

Pantauan koran ini dari sejumlah penghitungan suara yang dilakukan di tingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara) menyebutkan, dua parpol tersebut unggul dibanding parpol lainnya. Seperti di daerah pemilihan (dapil) III yang meliputi Kecamatan Asembagus dan Banyuputih. Di wilayah Situbondo timur itu, PPP untuk sementara mengantongi dukungan hingga 22.500 suara. Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) di dapil itu sekitar 7000 suara.

Dengan demikian parpol yang diketuai KHR Ahmad Fawaid itu diprediksi mampu meraih tiga kursi DPRD sekaligus. Setidaknya ada tiga caleg yang berpeluang untuk melenggang menunju gedung dewan di Jalan Kenanga. Mereka adalah Hasanah Tohir (4.661 suara), Masykuri Ismail (3.567 suara). Menyusul kemudian H Sutrisno dengan perolehan 3.394 suara. 

Sedangkan PKNU diperkirakan hanya akan mampu mengantarkan satu calegnya ke DPRD Situbondo. Caleg yang paling berpotensi adalah H Lailul Ilham dengan perolehan sementara 1.439 suara. Jumlah suara itu baru sebatas dari Kecamatan Asembagus. Tiga kursi lainnya diperkirakan akan diperebutkan PDI Perjuangan, Partai Demokrat dan Partai Golkar. 

Nama caleg yang berpeluang adalah Ningsih dari PDI Perjuangan (1.518 suara), H Lukman Syafii dari Partai Demokrat (1.141 suara), dan Italia dari Partai Golkar (911 suara) ''Data itu baru di Kecamatan Asembagus. Bisa berubah jika data perolehan suara dari Kecamatan Banyuputih juga masuk," imbuh sumber koran ini. 

Di dapil I yang meliputi Kecamatan Situbondo dan Panji, PKNU membalas kekalahannya kepada PPP di dapil III. Di dapil yang menyediakan delapan kursi ini PKNU diperkirakan akan memborong tiga kursi juga. Di Kecamatan Panji saja, PKNU mampu mendulang 13.236 suara.

Caleg yang dipastikan lolos melenggang ke kantor DPRD adalah Dadang Wigiarto. Di Kecamatan Panji, Dadang memperoleh dukungan 3.731 suara. Dua kursi lagi diperkirakan akan diisi Yusuf Firdaus dan H Zainurahman dengan perolehan masing-masing 1.806 dan 1.548 suara. "Tapi bisa saja PKNU di dapil I hanya dapat dua kursi karena sisa suaranya kalah tinggi dengan perolehan suara parpol lain. Apalagi, harga kursi di dapil I bisa lebih mahal dibandingkan dapil-dapil lainnya," lanjut sumber koran ini di KPU Situbondo. 

PPP di dapil I diprediksikan hanya akan dapat jatah satu kursi. Di Kecamatan Panji saja, PPP hanya mampu meraup 5.490 suara. Caleg yang paling berpeluang lolos adalah Ida Sofi dengan 1.187 suara. Sedangkan PDI Perjuangan mengantongi 6.257 suara. Setidaknya ada tiga caleg yang memperebutkan satu kursi PDI Perjuangan di DPRD. Yakni Hernowo, Rudi Afiyanto dan Jainur Ridho.

Caleg Partai Demokrat Janur Sasra Ananda di Kecamatan Panji tetap mampu mengungguli perolehan suara Ny Ridho Wahyuningsih Ismunarso yang hanya mendapat dukungan 695 suara. Pria yang diprediksikan akan merebut satu-satu kursi DPRD milik Demokrat di dapil I itu mengantongi 1.745 suara. PKB yang mengantongo 3.253 suara juga diperkirakan akan kebagian kursi. Caleg dengan perolehan suara terbanyak untuk sementara adalah Syaiful Bahri dengan 1.537 suara. Sedangkan satu kursi lagi akan diperebutkan Golkar. 

Di dapil VI yang meliputi Kecamatan Panarukan dan Kendit dari enam kursi DPRD yang disediakan diprediksikan akan dibagi rata kepada enam parpol. Di dapil ini PKNU sebenarnya mampu memenangkan pileg dengan 10.195 suara. Namun, sisa suara yang ada tak mampu untuk membeli satu kursi lagi yang harganya diperkirakan mencapai 7.200 suara. Caleg PKNU yang paling berpotensi adalah H Mufti. Menyusul kemudian Caleg PPP, H Fahrudi. Di dapil VI PPP mampu mengantongi 9.285 suara. 

Sisa empat kursi diperebutkan empat Parpol. Partai Demokrat dengan perolehan 5.194 suara, PDI Perjuangan 3.442 suara, Partai Golkar 3.294 suara, serta Partai Hati Nurani Rakyat dengan 3.200 suara. Caleg yang berpeluang lolos Arifah, Totok, Asriati dan Moh Nizar.

Sedangkan di dapil V yang meliputi Kecamatan Mlandingan, Suboh dan Bungatan, PPP mendominasi perolehan dukungan dengan 16.078. Di dapil ini PPP dipredikasikan mendapatkan dua kursi. PKNU dengan perolehan 8.385 suara bisa mendapat 1 kursi. Demikian pula dengan parpol lain seperti Partai Demokrat (6.758 suara), PDI Perjuangan (5.385 suara), Partai Golkar (5.042 suara), serta PKB 3.171 suara. Masing-masing dapat satu kursi.

Tidak ada komentar: