Sabtu, 11 April 2009

PPP Rontok di Kodya Pekalongan, Tinggal Separo

eski perhitungan resmi oleh KPU sedang berlangsung, akan tetapi gambaran siapa yang akan tampil sebagai pemenang dalam Pemilu legislatif sudah dapat diketahui berdasarkan hitungan cepat yang dilakukan LSM Patiro bekerjasama dengan Radio RKB Pekalongan. Hingga tadi malam Partai Golkar sementara ini masih unggul untuk perolehan suara pemilu legislatif di Kota Pekalongan.

Data yang dihimpun tim relawan pemantau pemilu yang bermarkas di Radio Kota Batik (RKB), partai berlambang pohon beringin itu hingga pukul 22.00 tadi malam, memperoleh sebanyak 24.814 suara. Sedangkan urutan kedua dan ketiga diraih PDI-P dan PAN dengan mendapatkan 14.035 dan 12.527 suara.

Dengan perolehan seperti itu, berarti posisi Golkar melesat ke atas dari urutan keempat hasil pemilu lima tahun lalu. Sementara PPP yang sebelumnya berada di urutan pertama, kini anjlok di posisi empat.

Kedudukan PAN naik di urutan ketiga dari posisi kelima pada pemilu sebelumnya. Ini tidak mengejutkan, karena ketua umumnya Sutrisno Bachir (SB) adalah orang asli Pekalongan.

’’Data yang kami peroleh terus berubah-ubah, karena hasil penghitungan suara secara keseluruhan belum semuanya masuk ke tempat kami,’’ ujar Suryono, salah satu tim pemantau pemilu dari RKB, kemarin.

Ditambahkan, saat ini hasil perolehan suara yang sudah masuk di tempat kerjanya sekitar 70 persen. Jumlah tersebut merupakan hasil pantauan tim relawan di seluruh TPS di Kota Pekalongan. Kemungkinan sampai tengah malam seluruh perolehan suara sudah diterimanya, dan bisa diumumkan ke masyarakat.

Sementara itu, Ketua Divisi Kampanye, Hukum dan Pengawasan KPU Kota Pekalongan RM Firdaus menjelaskan, hasil perolehan suara itu nantinya akan menentukan jumlah kursi di DPRD. Untuk di wilayah Pekalongan Barat atau daerah pemilihan (Dapil I) akan mendapatkan jatah sebanyak 9 kursi.

Kemudian untuk Dapil II atau Pekalongan Utara, dijatah sebanyak 8 kursi. Sedangkan di wilayah Pekalongan Timur (Dapil III) dan Pekalongan Selatan (Dapil IV), dijatah memperoleh kursi DPRD sebanyak 7 dan 6 kursi.’’Adapun tiap satu kursi persyaratannya masing-masing partai harus mendapatkan sebanyak 5.000 suara,’’ paparnya.

Dari perolehan tersebut, diperkirakan Partai Golkar akan menempatkan wakilnya di DPRD sebanyak 9 orang, sedangkan PDI Perjuangan dan PAN masing-masing akan menempatkan wakilnya 5 orang. Kemudian PPP menempatkan 4 orang, PKB 3 orang, Demokrat 2 orang dan PKS serta PKNU masing-masing 1 orang.

Tidak ada komentar: