Minggu, 09 Maret 2008

Performance Syamsul Arifin Kian Mengkilap

Siapa Cagubsu Pilihan Masyarakat?
Laporan 25 Koresponden Waspada
PDF Cetak E-mail
Medan, WASPADA Online

Syamsul Arifin, sosok yang digadang gadang PPP mau menjadi jajaran elit di Dewan Penasehat/Majlis Pertimbangan atau Dewan Pakar kian hari kian menunjukkan keunggulannya dalam persaiangan menuju SUMUT 1.

Sebanyak 25 koresponden Waspada di berbagai kota dan kabupaten di Sumatera Utara telah melakukan pengumpulan pendapat masyarakat (polling) tentang siapa pilihan mereka dalam pemilihan gubernur-wakil gubernur Sumatera Utara pada April mendatang.

Selama seminggu sejak pertengahan bulan ini, kesemua koresponden Waspada itu menanyakan para tetangga dan kenalan mereka serta anggota masyarakat lainnya, mulai dari jumlah puluhan sampai ratusan orang.

Para responden adalah mereka yang sudah mempunyai hak pilih, berbagai suku, agama dan golongan. Di kediaman para responden yang didatangi dipastikan tidak ada baliho atau spanduk mendukung calon tertentu dan diketahui bukan pengurus partai.

Tujuan polling dimaksudkan agar para pembaca mengetahui popularitas para calon gubernur dan pasangannya, baik di kota maupun di pelosok desa, khususnya di sekitar kawasan di mana koresponden Waspada bertempat tinggal.

Nama-nama koresponden tersebut tidak diungkapkan, demikian juga dengan identitas para responden meskipun sejumlah responden tidak berkeberatan nama mereka dipublikasikan. Berikut ini adalah laporan para koresponden Waspada se-Sumatera Utara, tidak termasuk kotamadya Medan, Tapanuli Selatan dan Madina.

LANGKAT
Di kabupaten Langkat, tidak mengejutkan jika calon gubernur Syamsul Arifin yang juga Bupati Langkat sangat populer di daerahnya. Di ibukota Stabat misalnya, dari 100 responden akan memilih pasangan Syamsul Arifin-Gatot Pujonugroho sebanyak 53 orang. Sedangkan pasangan lainnya, Ali Umri-Maratua Simanjuntak 21, Tri Tamtomo-Benny Pasaribu 15, Wahab Dalimunthe-Raden Syafi’i (Romo) 6 dan RE Siahaan-Suherdi 2. Tiga orang masih pikir-pikir. Berbeda di wilayah Besitang. Dari 22 orang responden, sebagian besar belum punya pilihan, namun sebagian kecil memilih Syamsul dan Umri.

BINJAI
Di kota Binjai, tidak pula mengejutkan jika calon gubernur Ali Umri yang juga Walikota Binjai lebih populer. Dari 100 responden, Ali Umri memperoleh 54, Syamsul 17, Wahab 12, Tri Tamtomo 8 dan RE Siahaan 7. Dari responden yang memilih Umri terdapat juga warga PKS dan PPP, yakni dua partai yang mengusung Syamsul, sedangkan pemilih Syamsul terdapat pula warga Golkar, partai yang mengusung Umri.

DELI SERDANG
Di Kota Lubuk Pakam, 104 responden akan memilih Syamsul 70 dan Umri 30. Sebagian besar responden pemilih Syamsul adalah generasi muda, sementara sebagian responden pemilih Umri adalah kaum ibu yang di antaranya tertarik dengan kegiatan olahraga berhadiah umroh dari Umri. Suara responden lainnya akan memilih Wahab 2, Tri Tamtomo 1 dan belum menyebutkan pilihan satu orang dengan catatan dia akan memilih calon yang satu kaidah.

TEBINGTINGGI
Dari 25 responden, Syamsul 6, Wahab 4, RE Siahaan 3, Tri Tamtomo 2 dan Umri 1. Delapan orang belum menyatakan pilihan dan satu orang Golput, seluruhnya beragama Islam. Seluruh responden pemilih keempat calon muslim beragama Islam sedangkan 3 responden pemilih RE Siahaan beragama Kristen.

SERDANG BEDAGAI
Sebanyak 11 warga Desa Firdaus, Sei Rampah dan Perbaungan menyatakan akan memilih Syamsul, sementara tiga warga Desa Sei Buluh akan memilih Ali Umri. Beberapa warga di Kecamatan Teluk Mengkudu yang ditanya tentang pilihan mereka mengatakan, mereka tidak mau memilih siapapun karena pengalaman tidak ada pemimpin yang peduli dengan rakyat. "Sebelum menjadi calon, tidak satu pun calon-calon itu mau mengenal rakyat, tapi sekarang sudah punya maksud, baru mencari rakyat," ujar seorang warga desa Sei Buluh kesal.

ASAHAN, BATUBARA, TANJUNGBALAI
Di kabupaten Asahan, Batubara dan kota Tanjungbalai, enam koresponden Waspada menanyakan masing-masing 64 responden sehingga total responden mencapai 384 orang. Kota-kota responden meliputi Kisaran (128 responden), Tanjungtiram (64), kota Limapuluh & Indrapura (termasuk desa Sukaraja, kec. Airputih, total 128 responden) dan Tanjungbalai (64 responden). Di Kisaran, Syamsul mendapat suara 56 responden, RE Siahaan 25, Wahab 23, Umri 21 dan Tri Tamtomo 3.

Di Tanjungtiram Syamsul 50, Wahab 12 dan Umri 2 (semua responden di Tg Tiram beragama Islam). Di desa Sukaraja, Syamsul 61, Wahab 2 dan Umri 1 (semua responden termasuk 5 orang beragama Kristen, tapi tidak ada memilih RE Siahaan). Di kota Indrapura dan Limapuluh, Syamsul 40, Umri 12, RE Siahaan 6, Wahab 4 dan Golput 2. Di Tanjungbalai, Syamsul 27, Wahab 14, Umri 14, Tri Tamtomo 5 dan RE Siahaan 4. Dua orang kristiani yang menyatakan diri Golput kelihatannya "merajuk" karena Rudolf Pardede tersisih dalam pencalonan gubernur dari PDIP.

RANTAUPRAPAT
Di ibukota kab. Labuhan Batu asal Wahab Dalimunthe ini, 50 responden yang ditanya, hanya 27 yang sudah menyatakan pilihannya. Ke 27 responden menyatakan memilih Wahab 8, Syamsul 7, Umri 5, RE Siahaan 5 dan Tri Tamtomo 2. Mereka yang belum punya pilihan memberi alasan "belum ada yang mengena di hati."

AEKKANOPAN
Di kota kab. Labuhan Batu ini, responden berjumlah 100 orang terdiri dari 70 pria dan 30 wanita. Mereka akan memilih sbb: Syamsul 50, Umri 20, Wahab 20 dan belum punya pilihan 10.

SERBELAWAN
Di kota kec. Dolok Batunanggar, kab. Simalungun ini, jumlah responden 110 orang dengan pilihan sbb: Syamsul 32, Umri 30, Wahab 29, Tri Tamtomo 11 dan RE Siahaan 8. Jumlah pemilih yang tercatat di kecamatan ini ada 27.786 orang.

TARUTUNG
Di ibukota Tapanuli Utara ini, 100 responden mayoritas kristiani akan memilih Tri Tamtomo 40, RE Siahaan 40, Wahab 15 dan Umri 5. Sedangkan di kota Balige, koresponden Waspada hanya melaporkan, mayoritas akan memilih Tri Tamtomo tanpa menyebutkan jumlah respondennya. Demikian juga dengan laporan dari Nias, kebanyakan pemilih mengarah pada Tri Tamtomo atau RE Siahaan.

TAPANULI TENGAH
Di kabupaten beribukota Sibolga ini ternyata melirik ke arah Wahab yang pernah menjabat Bupati Tapteng. Dari 100 responden, terbagi beberapa kalangan. Kalangan intelektual akan memilih Wahab 60 persen, Syamsul 20% dan tidak memilih 15%. Kalangan petani untuk Wahab 75%, Syamsul 5% dan menyatakan tidak mengenal calon ada 20%. Kalangan PNS untuk Wahab 85%, Tri Tamtomo 10%, Umri 2%, Syamsul 1% dan tidak memilih 2%. Kalangan organisasi untuk Wahab 75%, Tri Tamtomo 10%, RE Siahaan 10%, Syamsul 2%, Umri 1% dan Golput 2%.

SIBOLGA

Di ibukota Tapteng, khusus di kelurahan Sibolga Ilir, Kec. Sibolga Utara, tercatat 100 responden memberi suara untuk RE Siahaan 30, Syamsul 21, Umri 21, Wahab 20, Tri Tamtomo 5 dan belum punya pilihan 3. Pada umumnya, suara PNS terpecah untuk 4 calon Gubsu. Responden yang beragama Kristen akan memilih RE Siahaan ditambah 3 orang pedagang muslim. Sebaliknya, dua warga yang beragama Kristen memilih pasangan muslim-muslim yakni pasangan Wahab-Romo dan Syamsul-Gatot.

Sejumlah responden mengatakan kepada Waspada, mereka dan sejumlah lainnya masih banyak yang belum mengetahui status agama dari para calon Gubsu. Malah ada orang-orang tertentu yang menghembuskan isu untuk meyakinkan muslim yang belum tahu bahwa semua calon beragama Islam. Untuk itu, kata responden melanjutkan, para ustadz perlu mengungkapkan status agama Cagubsu di masjid-masjid dan tempat-tempat pengajian agar menyentakkan muslim yang sudah termakan isu tersebut.

PAKPAK BARAT

Sebanyak 100 responden berimbang akan memilih Ali Umri dan Syamsul. Koresponden Waspada tidak merinci, demikian juga di Kotanopan (kab. Madina) dimana koresponden Waspada menyebutkan mayoritas cinta Syamsul. (Tim)



Tidak ada komentar: