Minggu, 09 Maret 2008

Majlis Taklim PPP, Sayap Baru Partai


Minggu, 09 Mar 2008,
PPP Bentuk Majelis Taklim
Jaga Pemilih Perempuan
JAKARTA - Jelang Pemilu 2009, pembentukan organisasi sayap terus menjadi tren partai politik. Tak terkecuali, Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pengujung November 2007, misalnya, partai berlambang Kakbah itu membentuk Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (GMII) untuk membidik segmen kampus.

Hanya selang empat bulan, PPP kembali menelurkan sayap baru partai yang fokus menggarap segmen pemilih perempuan. Namanya Majelis Taklim Maratus Sholihah. Hanya, Ketua DPP PPP Bidang Pemberdayaan Perempuan Nurhayati Payapo menyebut bahwa pembentukan Maratus Sholihah bukan semata-mata bermotif politik.

"Kami bukan menafikan kebutuhan 2009. Tapi, majelis taklim ini kebetulan termasuk prioritas program PPP pascamuktamar 2006," katanya di sela-sela deklarasi Maratus Sholihah di Masjid Al-Bina, Senayan, kemarin (8/3). Ratusan ibu-ibu berbusana muslim dominan hijau mengikuti acara yang dimulai sejak pukul 08.00 itu.

Menurut Nurhayati, tujuan utama majelis taklim yang rencananya membangun jaringan hingga level kelurahan itu adalah mewadahi pembinaan akhlak. "Harapan kami, politisi-politisi perempuan PPP bisa tetap berjalan di koridor islami," katanya.

Majelis taklim tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu pintu rekrutmen caleg perempuan. Karena itu, kader-kader PPP yang berminat di bidang politik bisa ikut mengisi daftar caleg untuk memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan. "Yang suka politik akan kami tarik. Kalau tidak, mereka akan kami beri program lain," ujar Nurhayati yang juga ketua Wanita Persatuan Pembangunan (WPP).

Program yang dimaksud adalah mengembangkan ekonomi umat. Apalagi, WPP sudah memiliki program untuk membentuk koperasi-koperasi di seluruh level majelis taklim bentukan PPP. "Target kami, Juni ini Maratus Sholihah sudah terbentuk sampai level ranting," tegasnya.(pri/oni)

Tidak ada komentar: