Minggu, 27 Juli 2008

PPNUI Siap Memperkuat PPP

Ketika Banyak Partai mengalami perpecahan dan munculnya berbagai partai sempalan, PPP Justru mendapat suntikan semangat baru dari partai partai yang terbukti cukup mendapat suara si 2004.

[ Minggu, 27 Juli 2008 ]
PPP Siap Fusi dengan PPNUI


PPNUI Kabupaten Problinggo memperoleh suara yg cukup signikfikan terbukti pada tahun 2004 bisa membentuk 1 fraksi utuh.
Kekuatan PPNUI lainnya di Jawa Timur juga terdapat di Pulau Madura.

PROBOLINGGO - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan diri bakal berfusi dengan Partai Persatuan Nahdlatul Ummah Indonesia (PPNUI). Ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo Mahdi Al Hamid menyatakan akan menerima dengan tangan terbuka kader-kader PPNUI yang ingin masuk ke dalam partainya.

"Silakan saja. Kami menerima dengan tangan terbuka kader-kader PPNUI yang akan bergabung dengan kami," kata Mahdi, siang kemarin.

Rencana fusi PPP dengan PPNUI itu, menurut Mahdi adalah kebijakan pusat partainya. DPP PPP telah berkirim surat kepada daerah tentang rencana masuknya gerbong PPNUI ke PPP. "Memang instruksi dari pusat begitu. Kami yang di daerah bertugas menerjemahkan dalam bahasa yang lebih konkret," katanya.

Sebagai sebuah institusi politik, PPNUI memang tamat riwayatnya. Pengurus pusat partai itu tak mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu 2009. Meski secara organisasi sudah buyar, kader-kadernya masih bertebaran di mana-mana. "PPP yang akan menangkap peluang itu," katanya.

Menurut Mahdi, menjelang pemilu 2009, PPP punya kepentingan untuk menambah kawan politik. Masuknya PPNUI diharapkan bisa menambah daya mesin politik partai Kakbah.

Dalam teorinya tak bakal ada banyak kendala jika PPP menerima PPNUI untuk berfusi. "Secara ideologis keduanya sama-sama partai yang berazaz Islam. Sama-sama punya basis kaum nahdliyin. Makanya klop," terang Mahdi.

Fusi PPNUI ke PPP bukan sekedar wacana. Sejumlah kader PPNUI Kabupaten Probolinggo bahkan sudah resmi mendaftar menjadi calon legislatif PPP. "Ketua DPC PPNUI Suhadak juga sudah resmi mendaftar ke PPP," ujar sebuah sumber Radar Bromo.

Mahdi tak menyanggah ketika ditanya tentang adanya beberapa kader PPNUI yang sudah mulai masuk ke dalam "rumah"-nya. "Memang ada. Bahkan kami memberi mereka prioritas dalam pendaftaran caleg di PPP," katanya.

Tidak ada komentar: