Sabtu, 09 Agustus 2008

Caleg PPP Riau : 40 Persen Caleg Perempuan

Caleg PPP Riau teken kontrak politik anti korupsi

PEKANBARU -Sebanyak 63 bakal calon anggota legislatif dari PPP Riau untuk DPRD Provinsi Riau melakukan teken kontrak menyatakan anti korupsi dan tidak akan melakukan perbuatan yang tercela jika terpilih menjadi wakil rakyat. Mereka yang terbukti melakukan tindakan korupsi akan diberhentikan secara tidak hormat. Penandatangan kontrak politik itu dilakukan para bakal calon anggota legislatif dari PPP Riau dalam launching dan orientasi bakal calon legislatif DPRD Riau, Selasa (5/8) sekaligus Rakorwil Lajnah Pemenangkan Pemilu Legislatif 2009 di Hotel Tasia Ratu Pekanbaru.

Penandatangan sikap anti korupsi itu disaksikan langsung oleh Ketua DPW PPP Riau Rusli Effendi, Sekretaris Syarif Hidayat SH, Ketua LP2L Azwir Alimuddin dan para ketua cabang PPP se-Provinsi Riau. Penandatangan simbolis dilakukan oleh Azhar Salim dan Desmawita, kemudian diikuti oleh para calon lainnya. Ketua LP2L PPP Riau Azwir Alimuddin mengatakan, dalam daftar caleg itu, sebanyak 44,03 persen merupakan perempuan atau sebanyak 25 orang dan selebihnya 38 orang lainnya laki-laki. Prosentase perempuan di calon ini melebihi ketentuan UU yang mengharuskan 30 persen keterwakilan perempuan.

Dikatakan Azwir, 63 nama ini berasal dari penjaringan 76 orang yang mendaftar dan kemudian diperiksa secara administrasi. Dalam daftar nama itu terdapat empat nama anggota DPRD Riau saat menjabat yaitu Rusli Effendi, Syarif Hidayat, Azhar Salim dan dirinya sendiri. Juga ada nama mantan calon wakil Bupati Kampar Rasyad Zein, anggota DPRD Kota Roem Zein dan Umroh HM Thaib dan lainnya. Sedangkan dari kalangan perempuan salah satunya Dian Novita. “Dengan persentase 40 persen ini menjadikan PPP satu-satunya partai yang memberikan porsi besar pada perempuan dan mudah-mudahan semua perempuan memilih PPP,” katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan baliho ukuran besar kepada masing-masing pimpinan cabang berisi nomor urut PPP Riau yang baru. (yon)

Tidak ada komentar: