Kamis, 21 Agustus 2008

PPP Probolinggo kelebihan Caleg

Pendaftar Caleg PPP Lampaui Target
PROBOLINGGO-Formulir pendaftaran calon legislatif (caleg) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Probolinggo laris manis. Hingga kemarin, jumlah pendaftarnya sudah melampaui target 120 persen dari 50 rencana jumlah kursi DPRD setempat.

Ketua DPC PPP Mahdi Al Hamid mengaku senang partainya diminati menjadi jujukan para caleg. "Ini pertanda bahwa PPP dikenal dan tergolong partai yang disukai oleh warga Kabupaten Probolinggo," katanya.

Hingga kemarin, menurut Mahdi, sudah ada 70 orang yang tercatat sebagai bakal caleg PPP di DPRD Kabupaten Probolinggo. Jumlah itu tersebar di 7 daerah pemilihan (dapil) se wilayah Kabupaten Probolinggo.

Sebab jumlahnya yang overload DPC berniat untuk merampingkan lagi jumlahnya. Sesuai catatan di DPC PPP, ada sejumlah dapil yang jumlah bakal calegnya melebihi kuota. "Dari 7 dapil, hanya ada dua yang jumlahnya sesuai kuota. Yakni dapil 2 dan dapil 3. Dapil yang lain kelebihan muatan," katanya.

Sesuai dengan peraturan partai politik, maksimal setiap partai mengirim 60 caleg untuk berebut 50 kursi DPRD Kabupaten Probolinggo. "Kami akan menyaring lagi jumlah itu. Sebelumnya kami juga sudah menyaring dari sekitar 80 pendaftar menjadi 70 seperti sekarang," katanya.

Untuk menyaring terakhir kalinya, DPC PPP akan memilih calon-calon legslatif yang terbaik. "Kami akan mencari yang terbaik di antara yang terbaik," kata Mahdi kepada Radar Bromo sore kemarin.

Kualitas yang dimaksudkan oleh Mahdi antara lain intelektualitas, pengabdian masyarakat, dan loyalitas kepada partai. "Ukuran-ukurannya sudah jelas. Ada parameter yang ditetapkan oleh partai. Kami bisa melihat dan menilai tiap caleg yang akan kami pasang nanti," katanya.

Mereka yang mendaftar di PPP akan diterjunkan langsung ke masyarakat selama 15 hari. "Saat turun ke lapangan itu akan terlihat kualitas mereka. Partai akan terus memantau seberapa berhasil ngemong rakyat. Jangan coba-coba mendaftar jadi wakil rakyat kalau tidak bisa dekat dan diterima rakyat," jelas ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo