Rabu, 17 Desember 2008

Jago PPP Berjaya pilkada Putaran 2 di Pinrang Sulsel

Real Quick Count, Calon Golkar Kalah
Askar didukung Partai Utama PPP dan PAN dan partai partai kecil lainnya.
MAKASSAR – Harapan A Aslam Patonangi menjadi bupati Pinrang di ambang kemenangan. Itu karena perolehan suara Aslam yang berpasangan A Kaharuddin Machmud yang akrab disbut Askar ini, menang tipis dari saingannya, paket Irwan Hamid-A Nurrachmi Moenta (Ihsanta).Berdasarkan hasil real quick count yang dilakukan Institute Social, Politic, Economic Issue (ISPEI), Askar unggul sementara. Dari 179.701 suara yang masuk atau yang direkap, Askar berhasil mengumpulkan 98.085 suara atau 54,6 persen dari duet Ihsanta yang meraih 81.616 suara atau 45,4 persen.

"Suara Askar memiliki selisih 16.469 dengan Ihsanta. Jumlah suara tinggal 20 TPS yang tersisa, yakni di Kecamatan Lembang yang belum direkap, karena berada di pedalaman dan pegunungan," jelas Direktur ISPEI, Imam Mujahidin Fahmid kepada Fajar Selasa, 16 Desember malam tadi.

Imam menambahkan, jumlah suara yang belum masuk diperkirakan 2.500-3.000 suara. Askar, lanjut Imam, menang di sembilan kecamatan, sementara Ihsanta menang di tiga kecamatan. 

Menurut Imam, Askar memenangkan pertarungan di Pinrang karena masyarakat Pinrang tidak ingin berspekulasi untuk menggadaikan suaranya. "Pemilih telanjur percaya, karena Askar memimpin pada putaran pertama," ujarnya. 

Kemenangan yang sama juga dari hasil rekap sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pasangan Askar unggul sementara dari pasangan Ihsanta. Hasil pantauan Fajar di 11 TPS, dari 3.801 suara sah yang masuk, Askar meraih 1.957 suara. Sementara Ihsanta hanya meraih 1.844 suara.

Di TPS 3 Kelurahan Corawalie, Kecamatan Sawitto, tempat Aslam mencoblos dan Bupati Pinrang HA Nawir, Askar unggul 455 suara sementara Ihsanta hanya meraih 70 suara.

Begitupun di TPS lain di kelurahan itu seperti TPS 1, Askar unggul dengan perolehan 299 suara, sedangkan Ihsanta hanya 144 suara, di TPS 2 Askar meraih 263 suara, Ihsanta 200 suara, serta di TPS 5 Askar juga unggul dengan 365 suara sedang Ihsanta hanya 109 suara.

Di TPS 3 Kelurahan Ammassangeng, Kecataman Paleteang, tempat calon bupati HA Irwan Hamid mencoblos, Ihsanta unggul dengan perolehan 358 suara, sedangkan Askar 88 suara.
Ihsanta juga unggul tipis di lima TPS yang ada di Desa Kassa Kecamatan Batu Lappa. Dari 1.450 total suara sah di desa itu, Ihsanta meraih 963 suara, sendangkan Askar hanya 487 suara. 

Meski pada hari pencoblosan kemarin, diwarnai hujan gerimis sepanjang hari, warga tetap antusias ke TPS menyalurkan hak pilihnya. Termasuk Bupati HA Nawir dan para calon itu sendiri.

Bupati HA Nawir mencoblos di TPS 3 Macorawalie sekira pukul 08.45 Wita. Setelah itu melakukan peninjauan ke sejumlah TPS dalam wilayah Kota Pinrang. Sekira 15 menit kemudian, calon bupati Aslam Patonangi didampingi istri Andi Dwiyani dan ketua tim pemenangannya, Andi Thamrin.

Aslam Patonangi juga sempat bertemu dan berjabat tangan dengan Nawir saat keluar dari TPS 3 yang terletak di Jalan Serigala tersebut. Setelah itu, Aslam berjalan kaki ke kediman pribadinya yang hanya berjarak sekira 200 meter TPS itu. Saat tiba di rumahnya yang terletak di Jalan Tupai No 1, Aslam langsung memantau seluruh timnya di lapangan.

"Tolong, jangan biarkan TPS kosong. Kalau mau makan bergantian," imbau Aslam melalui handphone-nya. Sementara calon bupati Ihsanta, Irwan Hamid juga datang mencoblos ke TPS 3 Kelurahan Ammassangeng sekira pukul 09.00 Wita. Irwan juga didampingi istri Hj Andi Sri Dwiyati serta beberapa orang anak.

Uniknya, karena dari hasil quick count kedua tim, mereka saling klaim menang. Bahkan, tepat pukul 17.15 Wita, Tim Askar langsung mengumumkan kepada seluruh anggota tim dan para simpatisannya bahwa Askar unggul di sembilan dari 12 kecamatan yang ada.

"Dari 176.912 suara yang masuk, Askar meraih 97.273 atau 54,98 persen. Sementara Ihsanta hanya 79.639 atau 45,02 persen. Askar unggul di sembilan kecamatan," ungkap salah seorang tim Askar.

Dengan perolehan itu, ribuan pendukungnya yang berdatangan sejak sejak pukul 14.30 di Jalan Tupai tersebut langsung meluapkan kegembiraannya. Ada langsung berteriak Allahu Akbar, ada pula yang menangis karena terharu. 

Calon bupati Pinrang, Aslam Patonangi yang berada di ruang tamu juga tampak sibuk menerima ucapan selamat dari para pendukungnya. Ratusan pendukung Askar juga langsung melakukan pawai motor keliling kota.

Tidak ada komentar: