Jumat, 12 Desember 2008

Jago PPP Menang di Pilkada Kerinci

Jambi (ANTARA News) - Hingga Jumat, pasangan Murasman-Rachman untuk sementara unggul pada putaran dua Pilkada Bupati Kerinci, Provinsi Jambi, 410 Km dari Kota Jambi, dengan memperoleh 97.039 suara mengalahkan saingannya pasangan Ami Taher-Dianda yang mengantong 80.821 suara.

Kepala Kesbang Linmas dan Politik Kabupaten Karinci Evi Risyanto ketika dihubungi, Jumat mengatakan, dari hasil penghitungan cepat (quick count) yang dilakukan Pemkab Kerinci untuk sementara pasangan Murasman-Rachman unggul dari pasangan Ami Taher-Dianda.

Hingga Jumat pagi (12/12) dari 248.483 mata pilih sudah 71,61 persen atau 177.860 suara yang masuk, dan dari jumlah tersebut pasangan Murasman-Rachman memperoleh 97.039 suara (54,56 persen) dan pasangan Ami Taher-Dianda memperoleh 809.821 suara (45,44 peren).

Data yang dihimpun dari lapangan, dari 17 kecamatan pasangan Murasman-Rachman unggul di 12 kecamatan dan pasangan Ami Taher-Dianda unggul di lima kecamatan.

Penghitungan cepat yang dilakukan Kesbang Linmas dan Politik Kabupaten Kerinci menyamai perolehan suara yang dilakukan Polres, Kodim dan kedua tim sukses dari pasangan tersebut.

Kendati penghitungan secara manual belum dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kerinci sebagai lembaga resmi yang ditetapkan pemerintah untuk menentukan kemenangan kandidat yang bersaing, namun perolehan angka sementara tersebut sudah mendekati keunggulan mutlak.

Dua pasang calon bupati dan wakil bupati Kerinci bersaing pada putaran dua masing Murasman-Rahman dan Ami Taher-Dianda setelah memperoleh suara terbanyak pada Pilkada putaran pertama yang digelar 16 Oktober 2008.

Pilkada Kerinci pada putaran pertama diikuti enam pasang calon, satu pasang di antaranya dari calon perseorangan atau independen, dan lima lainnya diusung partai yang ada.

Dari hasil penghitungan pasangan Murasman-Rahman yang diusung PPP menduduki posisi teratas diikuti pasangan calon independen Ami Taher-Dianda Putra.

Tidak ada komentar: