Rabu, 25 Februari 2009

PPP Sampang Cetak 100 Ribu Contoh SS untuk Sosialisasi

SAMPANG, JATIM – Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Kabupaten Sampang mencetak contoh surat suara sebanyak seratus ribu lembar. Hal itu dilakukan untuk mempermudah para calon legislatif (Caleg) PPP melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkait sistem pencontrengan surat suara pada Pileg mendatang.
Pencetakan contoh surat suara tersebut dilakukan untuk meminimalisir tingkat kesalahan pada pemilih. Pasalnya, masyarakat menganggap dalam menggunakan hak pilih masih menggunakan alat coblos. Padahal, sekarang menggunakan alat tulis dengan cara mencontreng.
Salah satu calon anggota legislatif dapil 2 dari partai itu, Joni Purnomo, saat dihubungi di Kantor sekretariat PPP di Jl Bahagia Sampang, Kamis (26/02) membenarkan adanya pencetakan sejumlah contoh kertas suara itu, dan dia juga menjelaskan, setiap caleg PPP akan dibekali 300 lembar contoh surat suara.
Dengan pembagian masing-masing contoh surat suara, sebanyak 100 lembar untuk DPRD Kabupaten, untuk DPRD Jatim, dan contoh surat suara untuk DPR RI.
Menurut Joni, selain menimalisir tingkat kesalahan pemilih, mencetak contoh surat suara itu dilakukan karena hingga kini KPUD Sampang belum juga melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan pileg.
Ia mengaku, pencetakan contoh surat suara tersebut juga merupakan kritikan terhadap petugas KPUD Sampang atas kinerjanya yang lamban. Sebab, hingga H- 42 pelaksanaan Pileg KPUD belum juga melakukan sosialisasi.
“Bagaimana masyarakat bisa tahu tentang pelaksanaan pileg yang baru, sementara petugas KPUD-nya tidak bergerak dalam melakukan sosialisasi. Jika ini terus terjadi, maka kekhawatiran caleg akan tingginya angka golput bisa terwujud,” katanya.

Tidak ada komentar: