Kamis, 28 Agustus 2008

Gerbong Anak Muda Bergerak di PPP Sulsel

Gerbong Anak Muda Bergerak di PPP

BAU cat menyengat di Kantor DPW PPP Sulsel, Jl Sungai Saddang, Makassar, Selasa (19/8). Bekas cat berserakan di beberapa bagian lantai. Warna hijau mekar dalam ruangan gedung berlantai dua itu.
Pembenahan di kantor itu turut menandai pembenahan internal dan struktur PPP Sulsel menyambut Pemilu 2009.
Di bagian atas pintu masuk ruangan ketua dan sekretaris tertulis "Ruang Pemuda". Dalam ruangan itulah Amir dan sekretarisnya, Andi Taufik Zainuddin menjalankan roda kepemimpinan organisasi.

Beberapa anak muda tampak keluar-masuk ruangan yang memiliki tiga kamar kerja itu. Nyaris tak ada tokoh tua yang tampak di kantor berarsitektur kuna itu, setidaknya sejak tiga pekan terakhir.
Selama hampir setahun, tampuk kepemimpinan PPP di daerah ini vakum.
Tiga pekan lalu, kader muda PPP, Amir Uskara, ditetapkan menggantikan Prof Jalaluddin Rakhman menakhodai partai berlambang Kakbah di Sulsel.
Tampilnya Amir kian menguatkan bangkitnya generasi muda di partai ini. Amir memang belum termasuk tokoh senior di PPP. Dia malah masih tercatat tokoh muda di lingkup Nahdlatul Ulama (NU).
Buktinya, dia masih memimpin Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Gowa merangkap sebagai Ketua DPC PPP Gowa.
Tapi, Amir dinilai mampu membangkitkan adrenalin politik kaum muda di partai yang dikenal masih diwarnai tokoh tua beberapa dekade terakhir ini.
"Tidak banyak yang kami ubah. Kami hanya melakukan pergantian beberapa pengurus di DPW dan beberapa pengurus DPC yang kurang aktif. Lebih tepatnya mungkin revitalisasi," ujar Amir.
Amir bisa saja berkelik. Atau tidak menyadari bangkitnya semangat baru kaum muda di partai Kakbah Sulsel. Tapi, Wakil Sekretaris DPC PPP Pangkep Jufri Maudu, Wakil Ketua PPP Luwu Muhammad Ikbal Asnan, dan pengurus DPC PPP Takalar, Makmur, terus terang menaru harapan dan mengungkap kesuksesan kaum muda mengambilalih estafet kepemimpinan di PPP.
"Sekarang era anak muda. Kami minta dengan hormatpara senior dan orangtua kami untuk mengambil peran selaku orangtua yang bijak di PPP," tegas Jufri. Atas dasar itu, Jufri memilih bersaing bersama beberapa seniornya untuk merebut kursi DPRD Sulsel dari daerah pemilihan (DP) IV.
"Sekarang era kembalinya semangat kaum muda untuk berpolitik. Hal ini direspon dengan sangat baik dan cantik oleh PPP. Makanya, saya memilih bergabung ke PPP," tegas Makmur. Sebelumnya, dia menjabat Ketua DPC Partai Buruh Takalar.
"Pak Amir mampu meyakinkan senior dan tokoh PPP sehingga kepemimpinan bisa beralih ke tangan kaum muda. Kelebihan anak muda yang energik dan tak kenal lelah akan mampu mendongkrat suara PPP di Sulsel," tandas Ikbal.

Tidak ada komentar: