Rabu, 03 September 2008

Geliat PPP Situbondo/Penarukan Bersaing Mjd Pemenang 2009

Pertarungan Sengit di Basis PPP
SITUBONDO - Para calon legislatif (Caleg) dapil III, selain Partai Persatuan Pembangunan (PPP), harus bekerja keras pada Pileg 2009. Mereka dituntut menggunakan strategi tepat maupun jurus ampuh agar bisa mendapatkan kursi di dapil, yang meliputi Kecamatan Asembagus dan Banyuputih itu.

Jika tidak, jangan harap para caleg dari semua parpol bisa meraup suara signifikan di wilayah, yang dikenal sebagai basis massa Ketua DPC PPP KHR Ahmad Fawaid itu. Pada pileg 2004, PKB yang mampu mendominasi perolehan suara di sebagian besar dapil harus mengakui kebesaran PPP di dapil III. PKB hanya diberi jatah dua kursi dengan perolehan 13.670 suara. Caleg yang terpilih adalah H Lailul Ilham dan Sibaweh Sulaiman.

Sedangkan caleg PPP di dapil III mampu mendulang dukungan 31.172 suara. Parpol yang pernah dipimpin Zainuri Ghazali tersebut mampu memperoleh empat kursi dari tujuh kursi di DPRD Situbondo yang disediakan untuk dapil tersebut.

Sayangnya, siapa saja caleg yang akan diturunkan PPP di lahan basahnya pada pileg 2009 itu, belum juga terungkap. Sebab, PPP belum menentukan nomor urut maupun pendapilan bacaleg yang sudah mendaftar dan melakukan fit and proper test.

PKB yang kini dikendalikan Syaiful Bahri tampaknya menyadari benar kekuatan PPP. Buktinya, hanya ada empat caleg yang rencananya akan diturunkan pada pileg 2009. Di urutan pertama Sujono, disusul Aidi Hasyim dan Holil. Menurut Ketua DPC PKB Syaiful Bahri, pihaknya mengandalkan Sujono untuk bisa mempertahankan dua kursi di Kecamatan Banyuputih dan Asembagus. "Dia (Sujono) Ketua PAC Asembagus, orangnya familiar sekali. Dia tokoh muda di Kecamatan Asembagus. Kita tidak khawatir dengan kebaradaan caleg PPP. Penempatan dia atas rekomendasi tokoh di beberapa desa," ungkap Syaiful kemarin.

Lailul Ilham, caleg terpilih PKB di dapil III pada 2004, kini memilih mengendarai PKNU. Partai yang berkantor di Jalan Gunung Arjuno itu tampaknya tak mau kehilangan kursi yang telah diperoleh Lailul. Buktinya, PKNU tetap menempatkan Lailul di nomor urut pertama di dapil III. Di nomor urut dua ada Yasin disusul Wafir Mawardi dan Hosnadi Romli.

Sekjen PKNU Dadang Wigiarto mengaku optimistis para calegnya mampu memperoleh kursi di DPRD. "Kalau targetnya, kursi bisa nambah. Tapi minimal bisa mempertahankan," tegasnya.

Sementara Partai Golkar menempatkan enam caleg di dapil III. Posisi pertama ditempati Aisyah Sriwartini. Strategi sama juga diberlakukan DPC PDIP. Parpol yang dipimpin Didiet Subagyo itu juga berencana menerjunkan enam caleg.

Partai Demokrat lebih optimistis. Parpol yang dipimpin Ismunarso itu berani menurunkan delapan caleg. Di nomor urut pertama Sahlawi alias H Lukman Shafi, kedua Hasanudin, dan ketiga Indah Mei Astuti.(pri/irw)

Tidak ada komentar: