Selasa, 03 Maret 2009

Ratih Sang Yakin Didukung Ibu-Ibu

Calon anggota legislatif (caleg) DPR dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ratih Sanggarwati semakin tenang mendekati hari H pemilihan umum (pemilu). Mantan peragawati dan model itu merasa yakin ibu-ibu di daerah pemilihan Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) akan memilihnya.

’’Saya merasa target segmen saya sudah tercapai. Terutama ibu-ibu, sepertinya, suka sama saya,’’ kata Ratih saat berbincang dengan Jawa Pos di Bandara Soekarno-Hatta setelah melakukan kunjungan ke Jawa Timur kemarin (18/2).

Justru 1,5 bulan ke depan Ratih tidak lagi menggenjot agenda kampanye seperti beberapa bulan terakhir. Kalau biasanya Ratih bisa tiga sampai empat kali seminggu terbang ke Surabaya dan Sidoarjo, ke depan frekuensinya dikurangi satu hingga dua kali seminggu. ’’Sekarang tinggal memelihara saja jaringan dan hubungan yang sudah saya jalin selama ini di dapil,’’ kata perempuan asal Ngawi, Jawa Timur, itu.

Persaingan di dapil Jatim 1 diakui Ratih cukup sengit. Banyak politikus yang memiliki nama besar, seperti Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso, Ketua PDP Laksamana Sukardi, Ketua DPP PDIP Guruh Soekarno Putra, dan model Pungky Sukmawati. ’’Insya Allah, saya bisa bersaing,’’ kata perempuan kelahiran 8 Desember 1962 itu.

Sebenarnya, dulu Ratih memilih berada di dapil Jatim 7 (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan Trengalek). Di tempat kelahirannya, Ngawi, Ratih sangat optimistis bisa terpilih sebagai angora DPR. ’’Ibaratnya, merem saja jadi,’’ katanya.

Namun, Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali menugaskannya ke dapil Jatim I, bersaing dengan caleg-caleg ternama. ’’Saya menempatkan diri seperti deputi. Ditugaskan di mana saja harus siap. Dan ini tantangan menarik bagi saya,’’ kata istri Isman Budisepta Zen itu.

Tidak ada komentar: